UIN Repository
 

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta >
09 Fakultas Sains dan Teknologi >
0910 Teknik Informatika >
Skripsi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1639

Title: Perancangan aplikasi virtual reality pembelajaran pergerakan bumi dan bulan bagi siswa kelas 6 sekolah dasar (studi kasus: SDN Kebayoran Lama Selatan L3 Pagi)
Advisor: Arini
Authors: Dimas Sony Dewantara
Keywords: Virtual reality, pembelajaran, pergerakan bumi dan bulan.
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Sains Dan Teknologi, 2011
Series/Report no.: 0111-11-10294;1593 TI s
Abstract: Pergerakan Bumi dan Bulan merupakan salah satu materi ilmu pengetahuan alam yang diberikan kepada siswa kelas 6 sekolah dasar. Sebagai suatu materi berisikan penggambaran mengenai pergerakan objek-objek tertentu, tentunya media yang digunakan haruslah mampu memvisualisasikan pergerakan objek-objek tersebut dalam hal ini Bumi serta Bulan secara baik, jelas serta interaktif agar materi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami serta diingat, terlebih jika ditujukan terhadap siswa sekolah dasar. Aplikasi virtual reality pembelajaran pergerakan bumi dan bulan dengan penyampaian informasi melalui visualisasi 3 dimensi akan dapat memberikan penggambaran yang jelas, lebih menarik serta interaktif. Ditambah dengan modul evaluasi yang dikemas dalam bentuk permainan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta penyebaran kuesioner dan juga metode pengembangan sistem menggunakan Interactive Multimedia System Design and Development (IMSDD) yang meliputi 4 tahapan yaitu kebutuhan sistem, pertimbangan desain, implementasi dan evaluasi. Aplikasi ini dapat membantu serta lebih menarik minat pengguna dalam hal ini para siswa dalam mempelajari materi pergerakan bumi dan bulan. Aplikasi ini kedepannya masih memerlukan pengembangan lebih lanjut dalam hal teknik pendeteksi tumbukan, seperti pendeteksian tumbukan dalam sumbu z atau ground collision agar virtual reality yang dihasilkan lebih mendekati kenyataan serta teknik pemodelan 3 dimensi yang digunakan dapat beralih dari low poly modeling menjadi high poly modeling disesuaikan dengan kemajuan kemampuan sumber daya perangkat keras yang tersedia agar tampilan yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik..
Description: ii, 206 hal.; 22cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1639
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:

File Description SizeFormat
DIMAS SONY DEWANTARA-FST.PDF8.11 MBAdobe PDFView/Open

Items in UIN Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.