Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1453
Title: KEBIJAKAN REDAKSIONAL SURAT KABAR MEDIA INDONESIA DALAM PENULISAN EDITORIAL
Authors: Nurhasanah
Advisors: Jumroni, Drs., M.Si
Keywords: Media
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dirasat Islamiyah, 2011
Series/Report no.: 0111-10-9531;2626 KPI d
Abstract: Kebijakan redaksi merupakan dasar pertimbangan yang menjadi acuan sikap media terhadap suatu peristiwa. Di mana kebijakan tersebut biasanya tertuang dalam bentuk editorial atau tajuk rencana. Isi dari editorial dapat mencerminkan visi misi serta ideologi dari media bersangkutan. Editorial Media Indonesia, tentunya memiliki kebijakan redaksi tersendiri, yang menjadi pembeda antara rubrik lain pada media tersebut, ataupun rubrik sejenis pada media lain. Maka kemudian timbul pertanyaan, bagaimana kebijakan redaksional Surat Kabar Media Indonesia dalam penulisan Editorial? Selain dari segi bahasa yang kritis dan lugas, perbedaan kebijakan redaksi editorial Media Indonesia adalah dengan menempatkan rubrik ini pada halaman depan surat kabar, dan secara interaktif menyiarkannya kembali di Metro TV. Teori yang digunakan untuk menganalisis kebijakan redaksi tersebut adalah Theories of Influences on Media Content atau Teori Hirarki Pengaruh. Di mana menurut Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese, mengatakan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi isi media. Kelima faktor tersebut adalah individu, rutinitas media, organisasi, ekstramedia dan ideologi. Pendekatan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan model deskriptif. Data yang telah didapatkan dari hasil wawancara langsung kepada Usman Kansong, selaku Deputi Direktur Media Indonesia, yang juga tergabung dalam tim editorial, dari hasil observasi dan dokumentasi, selanjutnya di analisis. Kebijakan redaksi Media Indonesia dalam penulisan editorial, jika dianalisis menggunakan Teori Hirarki Pengaruh, maka terlihat bahwa pada level individu, tingkat pengetahuan dan pengalaman penulislah yang mempengaruhi isi editorial. Pada level rutinitas media, standar nilai berita lah yang menjadi pertimbangannya. Kemudian tujuan media, mempengaruhi isi, ada pada level organisasi. Pada level ekstramedia, lingkungan politik turut serta mempengaruhi isi editorial, karenanya, kebanyakan isu yang diangkat merupakan isu-isu politik. Dan, yang paling kuat mempengaruhi isi editorial adalah ideologi media. Dimana ideologi ini mampu mengarahkan redaksi dalam membuat kebijakan. Maka, kebijakan redaksional Media Indonesia dalam penulisan editorial, tidak lepas dari kelima faktor menurut skema hierarchy of influence tersebut. Namun, yang paling kuat mempengaruhi adalah ideologi media. Ideologi nasionalisme yang mereka anut, mengantarkan editorial pada kebijakan yang menjadi arah tujuan Media Indonesia itu sendiri.
Description: v, 71 hal; 23cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1453
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURHASANAH-FDK.PDF1.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.