Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1072
Title: Pengaruh pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar biologi: quasi eksperimen di SMA terpadu Darul 'Amal, Selajati, Sukabimi
Authors: Febri Maswandi
Advisors: Yanti Herlanti
Mahmud Siregar
Keywords: Biologi;pembelajaran partisipatif, hasil belajar
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan,
Series/Report no.: 0111-05-8027;6068 IPA t
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran partisipatif terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre test-post test two group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Terpadu Darul Amal Sukabumi sebanyak 80 siswa yang terbagi kepada lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-D sebagai kontrol dengan masing-masing kelas 19 siswa. Hasil uji-t (thitung [3,44] > ttabel [2,03], α 0,05) menunjukan hasil belajar siswa dengan menggunakan model partisipatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model partisipatif. Model pembelajaran partisipatif yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup efektif (n gain = 0,40). Pada penelitian ini, model pembelajaran partisipatif berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep tumbuhan.
Description: ix, 106 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1072
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
98112-FEBRI MASWANDI-FITK.pdf946.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.