Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/10658
Title: Aplikasi perangkat ajar multimedia belajar sambil bermain untuk anak usia 3-5 tahun
Authors: Silviani,Imas
Advisors: Dr.Syopiansyah Jaya Putra,M.Sis
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, 2004
Series/Report no.: 09-0029;29 TI s
Abstract: Perkembangan teknologi saat ini membuat penggunaan komputer telah meluas penggunaannya sampai pada anak-anak. Usia 3-5 tahun merupakan tahun-tahun kehidupan yang sangat aktif, karena anak mempunyai dorongan alamiah untuk bermain, dengan bermain kreatifitas anak dapat terbentuk. Untuk membina kreativitas anak, yaitu salah satunya dengan cara bermain sambil belajar. Dari basil penelitian diketahui bahwa kesulitan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar pada usia 3-5 tahun adalah mengontrol jumlah murid dan faktor waktu yang terbatas. Penulis mencoba untuk mengembangkan aplikasi perangkat ajar yang berbasis multimedia yang dapat membuat anak lebih tertarik untuk belajar. Tujuan dari pembuatan perangkat ajar ini adalah agar anak pada usia 3-5 tahun dapat bermain sambil belajar dengan baik dan juga dapat meningkatkan kreatifitas bagi anak itu sendiri dan ingin memperkenalkan teknologi komputer sejak dini. Pada perancangan dan pembuatan aplikasi pembelajaran untuk anak usia 3-5 tahun ini berisikan antara lain mengenal huruf, berhitung, pengeta:huan flora dan fauna, mewarnai dan origami (melipat kertas ). Aplikasi berbasis multimedia ini menggunakan Macromedia Flash NJX dengan pemrograman Actionscript untuk pembuatan gambar animasi. Dalam pembuatan perangkat ajar ini, penulis menggunakan metode penelitian yang terdiri dari studi pustaka, metode analisa sistem berjalan dan metode pengembangan perangkat ajar. Metode pengembangan perangkat ajar dilakukan dengan 3 tahapan yang saling berhubungan, yaitu: fase Perancangan, fase Pra-pemrograman, setia fase Pengembangan dan Evaluasi. Dari hasil analisa dan perancangan yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi perangkat ajar berbasis multimedia ini dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengajaran dan metode baru penyampaian materi yang dapat menarik perhatian si anak karena berbeda dari cara belajar konvensional pada umumnya dan memberikan keleluasaan waktu belajar yang disesuaikan dengan keinginan anak terutama untuk bimbingan pengajaran dirumah
Description: 65 p. :
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/10658
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
IMAS SILVIANI-FST.pdf2.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.